Penelitian Tindakan Kelas - infpage

Penelitian Tindakan Kelas

Classroom Action Research atau yang berarti Penelitian Tindakan Kelas adalah suatu penelitian yang bertujuan untuk meningkatkan mutu pendidikan menjadi lebih baik. Sebelum mengetahui lebih jauh mengenai Penelitian Tindakan Kelas, kita harus mengetahui terlebih dulu apa itu penelitian tindakan atau action researh. Penelitian tindakan belakangan ini sudah menjadi suatu penelitian yang banyak dipilih oleh para profesional untuk memecahkan permasalahan dalam berbagai bidang. Penelitian tindakan adalah suatu penelitian yang bersifat sosial atau langsung terjun ke lapangan untuk meneliti langsung apa yang menjadi subjek penelitian. Dalam hal ini, penelitian tindakan kelas pastinya berada di dalam ruang lingkup kelas atau sekolah. Seperti yang sudah dikemukakan di awal tadi bahwa tujuan atau maksud dari penelitian tindakan kelas adalah untuk memperbaiki cara belajar di dalam kelas dan untuk memperbaiki mutu pendidikan. Penelitian tindakan kelas pertama kali diperkenalkan oleh Kur Lewin pada tahun 1946 dan kemudian dikembangkan oleh Stephen Kemmis, Robin Mc Taggart, John Elliot, Dave Ebbutt dan lainnya. Penelitian tindakan kelas diawali oleh suatu kajian terhadap masalah tersebut secara sistematis. Hal kajian ini digunakan untuk menjadi dasar mengatasi masalah tersebut. 

Di dalam bidang pendidikan, penelitian tindakan kelas berkembang sebagai suatu penelitian terapan. Penelitian tindakan kelas sangat bermanfaat bagi guru yang ingin meningkatkan mutu pendidikan, proses dan cara mengajarnya di dalam kelas. Penelitian tindakan kelas atau Classroom Action Research ada dua jenisnya yaitu individual action research dan collaborative action research. Jadi CAR atau Classroom Action Research bisa berarti dua hal; Classroom Action Research dan Collaborative Action Research. Kedua jenis penelitian tindakan kelas ini mengacu pada hal yang sama.


Action research termasuk kepada penelitian kualitatif walaupun data yang dikumpulkan bisa bersifat kuantitatif. Action research berbeda dengan penelitian formal yang bertujuan untuk menguji hipotesis dan membangun teori yang bersifat umum. Pada action research lebih bertujuan untuk memperbaiki kinerja dan sifatnya kontekstual serta hasilnya tidak untuk digeneralisasi. Hasil dari action research dapat diterapkan oleh orang lain yang latar yang mirip dengan yang dimiliki oleh si peneliti.

Ada tiga komponen yang menjadi sasaran penelitian tindakan kelas. Ketiga komponen itu yang nantinya akan menerima manfaat dari penelitian. Komponen-komponen tersebut meliputi siswa & pembelajaran, guru dan sekolah. Adapun karakteristik yang dimiliki oleh penelitian tindakan kelas yaitu penelitian tindakan hanya dilakukan oleh guru yang memahami bahwa proses pembelajaran perlu diperbaiki, refeksi diri, dan tentu saja dilaksanakan di dalam kelas. Secara garis besarnya, penelitian tindakan kelas adalah penelitian yang bersifat mengembangkan mutu pendidikan.

Oleh: nursahab
Dirangkum dari berbagai sumber

No comments:

Bila ada komentar, kritik atau saran silakan ditulis disini ya. Terimakasih.

Wira Puspa Nuansa

#nursahab